MAN 2 Kota Malang – Pada hari Kamis (03/11/22), MAN 2 Kota Malang mendapat Kunjungan Studi Tiru dari rombongan MTs Negeri 7 Kabupaten Kediri, yang terdiri Kepala Madrasah Abas shafwan, S.Pd., M.Pd.I didampingi 18 guru/tenaga kependidikan (GTK) dan 120 peserta didik kelas IX. Kunjungan rombongan diterima langsung Kepala Madrasah Drs. H. Mohammad Husnan, M. Pd dan Wakil Kepala bidang Humas Mr. Ahmad Thohir Yoga, M. Ed, Wakil Kesiswaan Anita Yusianti, M. pd dan Kaur TU Moch. Arif, S. Ag di Auditorium Gedung Olimpiade Sains Terpadu Lt. IV. Tujuan kunjungan silaturahmi adalah melihat dari dekat sarpras, program unggulan, proses prestasi dan ingin mengetahui trik masuk seleksi peserta didik baru (SPDB) MAN 2 Kota Malang.

Dalam sambutanya, Kepala MTs Negeri 7 Kediri Abas Shafwan, S.Pd., M.Pd.I, bahwa kunjungan di MAN 2 adalah ingin meniru program unggulan, proses prestasi dan ingin mengetahui trik masuk seleksi peserta didik baru (SPDB) MAN 2 Kota Malang.

“Kami ingin madrasah kami meniru MAN 2 dalam pengelolaan madrasah dan sekaligus peningkatan program unggulan, serta pengelolaan madrasah dengan harapan bisa berprestasi bersama, dan ingin mengetahui trik bisa masuk seleksi peserta didik baru (SPDB) MAN 2 Kota Malang , ” Ucap Kamad.

Sementara itu, dalam sambutan selamat datangnya, Kepala Madrasah H. Mohammad Husnan mengatakan, bahwa MAN 2 Kota Malang dalam mengelolah dan mendukung program unggulan dan Strategi menghadapi Olimpiade dan Research tidak lepas dari peran GTK dan kerjasama yang baik dengan pengurus komite serta para alumni yang berprestasi nasional.

” Dalam pelaksanaan proses
mendukung prestasi peserta didik MAN 2 Kota Malang tidak lepas dari pendampingan yang serius dan menyenangkan, misalnya disela persiapan menghadapi kegiatan atau kompetisi, tidak jarang kita bersama bernyanyi diiringi musik, kemudian prestasi olimpiade, myres dan robotik dan lainya juga tidak lepas dari pendampingan yang intensif dari guru dan alumni serta optimalisasi peran Komite Madrasah, dan itulah yang menghasilkan capain prestasi OSN, KSN dan prestasi lainya selama ini, dan untuk membangun sukses strategi sukses menghadapi SNMPTN dan UTBK yang selama ini diraih peserta didik MAN 2 Kota Malang memang perlu disiapkan sejak seleksi peserta didik baru.” Jelas Kamad.

Dalam paparan panel dari Waka Humas Ahmad Thohir Yoga meyampaikan penjelasan tentang prestasi secara global dalam upaya menjalankan program studi lanjut, program unggulan madrasah, dan proses kegiatan Madrasah ditunjang dengan budaya “Juara Prima” yang wajib diketahui seluruh guru dan tenaga kependidikan.

“Dalam mendukung pembinaan prestasi dan program unggulan madrasah selama ini tidak lepas dari keseriusan guru dan tenaga kependidikan, dukungan alumni dan peran aktif Komite Madrasah, kemudian dalam mengawal PBM, sukses prestasi dan sukses studi lanjut kami budayakan “Juara Prima” singkatan dari Jujur, Kerja keras, berprestasi, bermartabat yang wajib dihafalkan dan diterapkan di semua guru, tenaga kependidikan dan peserta didik.” jelas Mr Yoga nama akrab panggilanya

Menurutnya, prestasi akademik dan non akademik serta studi lanjut di perguruan tinggi perlu ada strategi dan inovasi madrasah yang selama ini tidak lepas dari Input siswa dan kerjasama yang baik Internal dan eksternal Madrasah.

“ Prestasi akademik dan non akademik serta studi lanjut di perguruan tinggi favorit di dalam dan luar negeri perlu ada strategi dan inovasi madrasah yang selama ini tidak lepas dari Input siswa yang cukup selektif melalui seleksi peserta didik baru tahapan seleksi peserta didik baru melalui jalur prestasi dan jalur reguler, kemudian pendalaman tambahan materi, pengembangan bahasa, pengembangan TOEFL untuk studi ke luar negeri dan keagamaan yang intensif dan suport penuh dari Kepala Madrasah, Guru, tenaga kependidikan, Komite, para pelatih dari alumni dan ditunjang pendanaan dari Komite inilah yang selama ini kunci dalam mensukseskan prestasi dan studi lanjut.” Jelas Mr. Yoga panggilan akrab di madrasah.

Sementara itu panel kedua dari Wakasis MAN 2 Kota Malang Anita Yusianti, M. Pd menyampaikan tentang program ekskul dan seleksi peserta didik baru.

” Seleksi peserta didik baru ada dua program, yakni dari SPDB jalur Prestasi, jalur ini Madrasah menerima prestasi di bidang akademik seperti olimpiade, KIR, dan non akademik seperti olahraga dan seni serta hafidz. Kemudian jalur reguler menggunakan nilai rapot yang rata² nilainya 80. Kemudian pada pengembangan diri peserta didik atau ekskul, madrasah mengelolah 30 macam ekskul, yang wajib dikuti adalah pramuka, dan satu ekskul lainnya bisa dipilih menurut keinginannya.” Ucap Mrs Anita panggilan akrabnya. (Tim Humas)

MAN 2 KOTA MALANG - JUARA PRIMA

Postingan Terkait